tk17teladan.sch.id - Memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pembelajaran dapat menggunakan website atau blog sebagai sumber belajar. Blog menyediakan fitur lebih banyak dankompleks daripada media sosial. Hal ini karena memang merujuk pada salah satu tujuan awal blog dikreasi, yaitu untuk keperluan tulis-menulis yang lebih kompleks dalam wadah daring (dalam jaringan, online) (Latif Anhori Kurniawan, 2014). Website yang telah disediakan oleh sekolah untuk keperluan publikasi kegiatan di sekolah dapat menajdi salah satu sumber belajar. Jika tidak ada website sekolah, guru dapat membuat blog secara mandiri.
Melalui website sekolah, informasi sekolah dapat dipublikasikan tidak terbatas ruang dan waktu. Pengguna website sekolah tidak terbatas murid sekolah saja, semua orang mampu melihat informasi. Publikasi yang dilakukan humas melalui website sekolah tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan visi dan misi sekolah, juga membangun citra positif di mata publiknya.
Website menjadi sarana promosi dan sumber bahan ajar yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan, sehingga hampir setiap lembaga dan sekolah memiliki website. Melalui website setiap orang dapat mengetahui informasi atau perkembangan disuatu tempat. Salah satu platform website yang familiar bagi pengguna internet adalah Word Press. Word Press memiliki berbagai fitur gratis dan berbayar yang sama-sama mudah digunakan. Beberapa keunggulannya yaitu tema yang menarik dan mudah diganti, memiliki tampilan yang menarik dan sederhana, cepat terideks Google, dapat diinstal dan diakses di komputer jinjing dan gawai, mempunya fasilitas export dan impor data sehingga penggunan mudah dalam memasukkan data atau konten ke dalam website, mempunyai multi bahasa termasuk bahasa Indonesia, dan banyak berbagai fitur baru yang dapat digunakan sesuai kebutuhan (Budiarto, 2010:1).
Pemanfaatan Website atau Blog Sebagai Sumber Belajar
Website atau blog dapat dimanfaatkan sebagai alternative dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Meskipun dapat dijadikan sebagai sumber belajar, dalam memanfaatkan website atau blog guru masih menemui kendala. Kendala ini dikarenakan sebagian guru merasa kesulitan untuk mengoperasikan dan memilih website atau blog yang sesuai dengan pembelajaran. Untuk mengatasi kesulitan ini guru dapat di bekali dengan pembekalan sebagai berikut: (1) guru merencanakan pembuatan website atau blog, (2) guru membuat perencanaan desain seperti rubrik dan tampilan pada website atau blog, (3) guru mengunggah RPP, materi, tugas, dan media pembeljaaran, (4) guru memperkenalkan dan mengajarkan peserta didik membuka website atau blog kepada peserta didik. seperti yang dinyatakan oleh Wahyudi, N. (2014) untuk memanfaatkan website atau blog sebagai media pembelajaran interaktif yaitu dengan cara mengisi menu yang ada di blog dengan materi-materi pelajaran,tugas perkuliahan dengan format text, gambar, audio maupun video, sehingga terjadi interaksi yang baik antara pendidik dan peserta didik. Pengoptimalan pemanfaatan website atau blog sebagai sumber belajar juga akan memberikan manfaat bagi guru. Guru dapat turut serta aktif dalam kegiatan menulis. Materi yang telah ditulis dan disipakn guru dapat diunggah ke website atau blog. Website atau blog sebagai sumber belajar ini membuat guru semakin kreatif membuat materi yang akan diberikan siswanya. Salah satu manfaat website atau blog merupakan sarana strategis untuk memotivasi guru untuk menulis (Ngatmini dkk. 2016).
Website atau blog dapat digunakan untuk belajar secara mandiri oleh para peserta didik. Peserta didik dapat mengakses sendiri di luar sekolah atau mendapatkan tugas rumah dari guru untuk membuka materi di website atau blog. Sari, Hudiyono, & Soe’oed (2017) dari hasil penelitian pengembangan blog menyatakan pengembangan media pembelajaran berbasis blog sebagai media penyampai pesan dalam pembelajaran dapat dipelajari secara mandiri untuk mengatasi salah satu permasalahan mengajar.
Website atau blog juga dapat dimanfaatkan sebagai literasi digital bagi guru dan peserta didik. Literasi digital dalam pembelajaran menulis merupakan salah satu strategi pembelajaran yang memiliki dampak yang besar. Hal tersebut dimaksudkan agar guru maupun siswa dapat memanfaatkan teknologi sebagai alat dalam sebuah proses pembelajaran, terlebih di era modern seperti sekarang ini. Serta untuk meningkatkan budaya literasi digital di dunia pendidikan. Implementasi literasi digital juga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan pola kesadaran dan pengetahuan yang luas untuk mengenal berbagai informasi yang bermanfaat, agar siswa dapat lebih kritis, kreatif dan inovatif dalam berpikir. Literasi digital selain digunakan dalam pembelajaran menulis tetapi juga digunakan dalam pembelajaran berbagai disiplin ilmu (Mauludin, S., & Cahyani, 2018).
Website Sekolah
Website sekolah adalah media komunikasi antara sekolah dengan masyarakat, yang menjangkau hingga antar negara. Sebuah website sekolah dapat digunakan oleh berbagai grup seperti staff/administrasi, orang tua, siswa, komunitas, dan alumni. Mereka dapat menggunakan website sekolah untuk mencari informasi terbaru, materi,event, reuni, dan berbagai aktivitas lainnya.Website sekolah dapat dikembangkan dengan menggunakanCMS (Content Management System) -Pihak sekolah dapat menggunakan jasa web developer untuk membuat website dan mengorganisir konten dan informasi di website. Dengan sistem CMS, administrator dan pengajar dapat mengisi konten sendiri, menggunakan username dan password. Jenis website semacam ini adalah yang paling populer.
Tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan pendidikan dari waktu ke waktu makin tinggi. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat, maka lembaga Pendidikan dalam berbagai tingkat dan jenjang pendidikan tidak lagi dapat berpangku tangan untuk melestarikan kemampuan budaya dan performen suatu sekolah, namun harus gigih melakukan inovasi perubahan dalam berbagai aspek agar tidak ditinggalkan oleh masyarakat yang hidup dalam pada era globalisasi.Menyadari hal tersebut, sekolah sebagai agen perubahan di masyarakat harus senantiasa melakukan perubahan sesuai dengan derap dinamika perkembangan masyarakat dalam perkembangan IPTEK.Teknologi Informasi berbasis komputer adalah salah satu media yang cukup efektif dalam mengelola sistem informasi akademik sekolah. Penggunaan internet dewasa ini juga mulai meningkat di kalangan pendidikan, penggunaan ini tidak hanya sekedar mencari informasi di Internet saja, tetapi juga sudah menerapkan teknologi internet ini sebagai media publikasi sekolah dalam meningkatkan mutu dan kualitas sekolah12.Salah satu upaya yang bisa dijadikan sebagai program unggulan best Practice sebuah Institusi Pendidikan Sekolah adalah pembuatan website Sekolah yang dipandang sebagai jembatan emas untuk meraih masa depan yang gemilang, terlebih di dalam website ini terdapat sistem yang memungkinkan pengawasan nilai siswa sebagai bahan evaluasi yang dapat dipantau oleh orang tua/wali diberbagai tempat yang pengolahannya dapat dilakukan secara online. Selain itu juga berbagai informasi sekolah yang menjadi daya tarik masyarakat dalam memandang citra sekolah.Pembuatan website menjadi salah satu pilihan ketika masyarakat juga mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet. Untuk itu, sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki website sebagai sarana komunikasi antara guru, siswa dan wali murid. Di samping itu, Website sekolah juga bisa menjadi pusat informasi bagi pengunjung dan mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya lebih tinggi.
Sumber : JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Volume 11, Nomor 1, Tahun 2021, Jurnal Abdi Pendidikan Volume 01 Nomor 01 Bulan April Tahun 2020
Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini :
0 Komentar