Selamat datang di official website TK 17 Teladan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang

Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini

 tk17teladan.sch.id - Kedisiplinan akhir-akhir ini dirasakan sebagai sesuatu yang memprihatinkan salah satunya kedisiplinan bangun pagi khususnya pada anak usia dini. Menurut Mulyasa, (2013: 166). Disiplin harus dilakukan dengan pembiasaan. Dalam bidang psikologi pendidikan, metode pembiasaan dikenal dengan istilah operan condition, mengajarkan anak untuk membiasakan perilaku terpuji, disiplin, giat belajar, bekerja keras, ikhlas, jujur, dan bertanggung jawab atas setiap tugas yang telah diberikan peraturan atau disiplin harusnya dilakukan oleh semua orang baik anak, orang tua, guru dan anggota masyarakat, dalam situasi apapun.

Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini
Kedisiplinan Anak Usia Dini

Secara sederhana kedisiplinan anak usia dini pada dasarnya adalah sikap taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat yang dilakukan oleh anak usia 0-6 tahun. Dengan demikian sehingga dikatakan bahwa disiplin adalah proses bimbingan yang bertujuan menanamkan pola prilaku tertentu, kebiasaan-kebiasaan tertentu atau membentuk manusia dengan ciri-ciri tertentu, yang meningkatkan kualitas mental dan moral.

Menurut Syarbini (2014: 87) pembiasaan yang dilakukan sejak dini/sejak kecil akan membawa kegemaran dan kebiasaan tersebut menjadi semacam adat kebiasaan sehingga menjadi bagian tidak terpisahkan dari kepribadiannya. Dalam pembinaan sikap (karakter), metode pembiasaan sebenarnya cukup efektif. Anak-anak yang dibiasakan bangun pagi, akan bangun pagi sebagai kebiasaan.

Penanaman disiplin yang telah dilakukan sejak dini akan lebih mempermudah orang tua ketika anak-anak melakukan penyimpangan kelak di kemudian hari. Apabila semenjak usia dini kedisiplinan sudah menjadi kebutuhan maka dapat diramalkan pada masa dewasa mereka akan selalu berdisiplin. Kebiasaan berdisiplin akan membuat anak merasa diterima dimasyarakat dan tentu akan membuat anak bahagia.

Disiplin harus dilakukan dengan pembiasaan. Dalam bidang psikologi pendidikan, metode pembiasaan dikenal dengan istilah operan condition, mengajarkan anak untuk membiasakan perilaku terpuji, disiplin, giat belajar, bekerja keras, ikhlas, jujur, dan bertanggung jawab atas setiap tugas yang telah diberikan (Mulyasa, 2013: 166). Peraturan atau disiplin harusnya dilakukan oleh semua orang baik anak, orang tua, guru dan anggota masyarakat.

Indikator Pembiasaan

Amin (2015: 57) menyebutkan indikator pembiasaan adalah sebagai berikut:

  1. Rutin, tujuannya untuk membiasakan anak melakukan sesuatu dengan baik. 
  2. Spontan, tujuannya untuk memberikan pendidikan secara spontan, terutama dalam membiasakan bersikap sopan santun dan terpuji. 
  3. Keteladanan, bertujuan untuk memberi contoh kepada anak.

Indikator Disiplin

Menurut Hasan (2012: 20) menyatakan bahwa indikator disiplin yaitu sebagai berikut:

  1. Selalu datang tepat waktu 
  2. Dapat memperkirakan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sesuatu 
  3. Menggunakan benda sesuai dengan fungsinya 
  4. Mengambil dan mengembalikan benda pada tempatnya 
  5. Berusaha mentaati aturan yang telah disepakati 
  6. Tertib menunggu giliran 
  7. Menyadari akibat bila tidak disiplin.

Anak usia dini distimulasi dalam pembelajaran dengan banyak cara, salah satunya dengan pembiasaan. Proses pembiasaan dalam pendidikan merupakan hal yang penting terutama bagi anak usia dini. Ingatan anak-anak belum kuat, perhatian mereka lekas dan mudah beralih kepada hal-hal yang terbaru dan disukainya. Dalam kondisi ini mereka perlu dibiasakan dengan tingkah laku, keterampilan, kecakapan dan pola pikir tertentu.

Demikian artikel mengenai Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini, mudah-mudahan apa yang sudah kami sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Sumber : 

Jurnal Ilmiah Potensia, 2018, Vol. 3 (1), 50-55 (Nurul Ihsani, Nina Kurniah dan Anni Suprapti)
Perilaku Disiplin Bangun Pagi Saat Pembelajaran di masa Covid 19 Kelompok B di TK Fransiskus: Maria Marsela Kefi 1), Sulistianah 2) 

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini :

0 Komentar