Selamat datang di official website TK 17 Teladan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Sumber Belajar Bagi Guru PAUD

 tk17teladan.sch.id - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu dinamis saat ini, mengakibatkan perubahan yang besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Di satu sisi, hal ini memberikan dampak positif sehingga para pendidik memiliki kesempatan untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya dengan memanfaatkan fasilitas teknologi ini, misalnya untuk mendapatkan berbagai informasi dan bahan pembelajaran yang variatif. Namun, di sisi lain kemajuan teknologi ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik, yaitu dalam memanfaatkan teknologi ini secara bijaksana, dan memilih bahan pembelajaran yang edukatif dan berbasis nilai-nilai moral dan agama bagi anak didiknya.

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Sumber Belajar Bagi Guru PAUD

Selanjutnya, kemudahan dalam mengakses informasi ini juga dapat menambah permasalahan menjadi lebih kompleks ketika para pendidik tidak melakukan bimbingan dan pengawasan terhadap anak didik dalam mengakses aneka informasi yang belum tentu berkualitas dan terpercaya. Para pendidik perlu membelajarkan keterampilan dalam teknologi informasi dan komunikasi pada anak didiknya sejak dini sehingga mereka dapat menghadapi berbagai tantangan pendidikan, dengan tetap merujuk pada nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Dengan demikian, selain memfasilitasi anak didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir (IQ), anak-anak juga perlu dibimbing agar memiliki kematangan emosi dan pemahaman terhadap nilai-nilai agama dan moral (EQ dan SQ).

Hal ini berimplikasi pada tugas pendidik untuk memperkuat nilai-nilai agama dan moral yang bersinergi dengan nilai nilai Pancasila di negara kita secara lebih intensif. Dalam hal ini para pendidik harus meningkatkan kompetensi agar dapat memfasilitasi anak didik agar dapat bertumbuh dan berkembang potensinya sesuai dengan tujuan pendidikan, yaitu untuk menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK), telah menjadi bagian dari kebutuhan pembelajar dalam menghadapi tantangan pendidikan. Namun, pendidik perlu menyadari bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis TIK ini bukan berarti menggantikan peran kita sebagai pendidik, melainkan hanya sebagai alat atau media untuk menjadikan anak didik memiliki profil pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)?

TIK adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, perekayasaan, pengelolaan, pemindahan, dan penyajian data atau informasi antarmedia. Adapun definisi teknologi informasi dan teknologi komunikasi masing-masing sebagai berikut.

Definisi dan cakupan teknologi informasi:

  • Teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirim informasi dalam bentuk elektronik, mikro komputer, komputer mainframe, pembaca barcode, perangkat lunak memproses transaksi, perangkat lembar kerja dan peralatan komunikasi dan jaringan. 
  • Teknologi informasi merupakan penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan beragam informasi termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
  • Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
  • Teknologi informasi menekankan pada pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, merekayasa, atau menampilkan data dengan menggunakan perangkat-perangkat teknologi elektronik, terutama komputer.
  • Teknologi komunikasi merupakan perangkat teknologi yang terdiri atas hardware (perangkat keras seperti radio, televisi, pesawat telepon, dan lainnya.), software (perangkat lunak, misalnya internet, chatting, sms, dan lainnya.). (Munir, 2010)

Manfaat TIK Bagi Guru PAUD

  • Mengatasi keterbatasan pengalaman
  • Melampaui batasan ruang kelas
  • Interaksi langsung dengan lingkungan
  • Memberikan pengalaman dan perspektif yang benar
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran

Tantangan Penggunaan TIK Bagi Guru PAUD

Tantangan penggunaan TIK seperti komputer adalah masalah biaya dan perubahan yang dinamis sehingga dalam jangka waktu tertentu perlu diperbaharui atau diganti. Selain itu, penggunaan komputer yang terlalu sering dapat memengaruhi kesehatan tubuh dan mata. Pemanfaatan komputer juga membutuhkan ketepatan dalam memilih program yang edukatif, bukan sekadar program hiburan.

Prinsip Pemanfaatan TIK Pada PAUD

  • Pembelajaran lebih efektif dan efisien
  • Memberi pemahaman yang lebih mendalam dan konkret disertai visualisasi
  • Manrik perhatian, minat, motivasi, dan kreativitas siswa
  • Memberi kemudahan bagi guru untuk menyajikan materi pembelajaran
  • Penggunaannya berpusat pada anak
  • Memperkuat pengalaman langsung anak
  • Penggunaannya tetap mengintegrasikan berbagai informasi untuk pengembangan tema
  • Penggunaannya bersifat fleksibel
  • Memperkuat penyajian konsep pada tema
  • mempertimbangkan minat dan kebutuhan siswa
  • Berorienatasi pada ketrampilan hidup anak
  • Menerapkan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan
  • Memfasilitasi proses komunikasi dalam pembelajaran

Ketrampilan Yang Diperlukan Guru PAUD Dalam Penggunaan TIK

  • Memproduksi dan mengomunikasikan informasi
  • Mengonstruksi pengetahuan
  • Menyaring dan mengelola informasi
  • Memberikan kesadaran tentang nilai-nilai tradisional
  • Membaca dan memahami materi
  • Memberikan kesadaran dalam membangun jejaring
  • Berpikir kritis dalam mengambil informasi

Contoh Penggunaan TIK Di PAUD

1. Penggunaan Internet

  • TIK mempermudah mencari bahan ajar
  • Guru dapat mempelajari berbagai metode pembelajaran yang menarik
  • Internet dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk berdiskusi
  • Internet memiliki berbagai fasilitas multimedia
  • Mengenalkan literasi dasar melalui Coding

2. Penggunaan Aplikasi Ms. Powerpoint

  • Sebagai media untuk presentasi materi pembelajaran
  • Sebagai media pembelajaran dalam menyajikan cerita bergambar untuk anak
  • Sebagai media untuk mengembangkan kemampuan berpikir anak

3. Penggunaan Aplikasi Ms. Word

  • Pengembangan bahasa
  • Keterampilan membaca
  • Keterampilan menulis
  • Praktik mengenal huruf dan kata

Contoh Produk TIK Pada PAUD

  • Permainan interaktif
  • Multimedia interaktif
  • Kamera digital
  • Permainan edukatif
  • Program menggambar
  • Pengolah kata
Sumber: Pemnafaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Sumber Belajar Bagi Guru PAUD - Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Paud, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (2020).

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini :

0 Komentar